Benih Ilahi

 

– Benih Ilahi –

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Kristus mengajarkan peran, tugas dan tanggungjawab kita sebagai hamba dalam mengembangkan kerajaan Allah. Untuk menjelaskannya, Kristus menggunakan perumpamaan tentang talenta (benih ilahi).
Adapun beberapa hal pokok yang perlu kita pahami agar dapat menyikapinya secara tepat dari perumpamaan ini, antara lain:

1. Talenta
TALENTA (benih ilahi) adalah segala kebajikan yang diberikan Allah sesuai dengan rencana dan pilihan Allah sendiri kepada kita sebagai anugerah ilahi.
Harapannya, kita sebagai umat pilihan Allah mengenakan ‘kodrat ilahi’ yakni mampu berpikir dan berperasaan seperti Kristus, sehingga mampu mengerti0 kehendak Allah yaitu apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan apa yang sempurna.

Di sinilah kita diajak untuk menyadari anugerah ilahi ini dengan penuh syukur.

2. Tanggungjawab
Allah menuntut sikap TANGGUNGJAWAB kita untuk menggunakan dan mengembangkan talenta yang diberikan dengan baik, benar, tekun dan setia seturut kehendak-Nya.
Artinya kita diharapkan senantiasa melakukan apa yang baik dan benar; serta berusaha tekun dan setia untuk hidup kudus dihadapan Allah.

Sikap dan tindakan kebajikan-kebajikan inilah yang dipakai sebagai barometer atau ukuran untuk keselamatan jiwa manusia.

Di sinilah kita diajak untuk terus berusaha menggunakan dan mengembangkan talenta (benih ilahi) yakni kebajikan-kebajikan untuk kebaikan diri dan sesama demi keselamatan jiwa manusia.

3. Target
Kebajikan-kebajikan yang terus digunakan dan dikembangkan dalam diri dan sikap umat yang dikasihi Allah akan semakin memperlebar kerajaan Allah, inilah TARGET yang ingin dicapai dalam perumpamaan talenta ini.

Di sinilah kita diajak untuk terus menerus fokus menggunakan dan menumbuh-kembangkan talenta (kebajikan-kebajikan) dan membagikan pada sesama.

Saudaraku, marilah kita terus nenerus menggunakan dan menumbuh-kembangkan karunia yang telah dianugerahkan Allah ini demi semakin melebarnya kerajaan Allah.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga dalam upaya memperlebar kerajaan Allah. Amin.

(Visited 67 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *