Merdeka

 

Merdeka….merdeka…..
Jika kita berseru merdeka…merdeka…..dengan lantang, maka apakah kita sadar dalam kehidupan kita sehari-hari memang kita sudah merdeka?
Apakah dalam kehidupan kita sehari-hari kita sudah menikmati kemerdekaan dalam keluarga kita, lingkungan rumah kita, komunitas kita , dan beberapa perkumpulan yang kita ada di dalamnya?

Kemerdekaan adalah hak asasi setiap manusia yang diraih melalu perjuangan dan pengorbanan, jadi otomatis kemerdekaan itu sangat berharga bagi setiap manusia.

Jika kita memang sudah menikmati kemerdekaan dalam hidup kita artinya kita sudah bisa berdamai pada diri sendiri dan juga pada orang lain.
Dengan demikian niscaya akan menanamkan rasa percaya diri karena kita tahu kapasitas yang ada pada diri sendiri khususnya dalam mengambil keputusan untuk kehidupan kita.

Merdeka bukan hanya berarti melepaskan belenggu-belenggu yang merantai diri sendiri, tetapi merdeka juga mempunyai arti menghormati dan meneguhkan kemerdekaan orang lain karena tujuan kemerdekaan yang sesungguhnya adalah mewujudkan kedamian.

Nikmatilah kemerdekaan dalam kehidupan kita dengan penuh sukacita, senantiasa hidup kita akan selalu damai. (By Sie Komsos)

 

 

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *