Berbahagialah

 

– Berbahagialah –

Inilah sebutan orang-orang yang mau bekerja sama dengan rencana Allah untuk mendatangkan keselamatan bagi umat manusia di muka bumi ini.

Hari ini Gereja Katolik merayakan peringatan St. Yoakim dan St. Ana, orang tua dari Bunda Maria. Mereka amat peka akan rahmat Allah, sehingga hidup mereka begitu bahagia berada dalam kasih dan lindungan-Nya.

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Kristus mengajak kita lebih peka menyadari rahmat Allah yang bekerja dalam diri kita lewat pendengaran dan penglihatan agar kita sungguh berbahagia.
Adapun keteladanan St. Yoakim dan St. Anna yang dapat kita petik, antara lain:

1. Kebahagiaannya
Mereka mengalami KEBAHAGIAAN dan berada dalam lindungan-Nya sebagai orang beriman, karena penglihatan dan pendengaran, bukan karena pembicaraan.

Melihat dan mendengar berarti menerima apa yang dari luar, sementara berbicara berarti mengeluarkan yang dari dalam.

Di sinilah kita diajak untuk melihat dan mendengar karya agung Allah dalam hidup kita. Apa yang kita lihat dan kita dengar bisa jadi persis sama seperti orang lain, tetapi apa yang masuk ke dalam hati dan keluar dari diri kita bisa sangat berbeda,karena kita melihat dengan iman.

2. Kesuciannya
Indera penglihatan dan pendengaran, mata dan telinga, memang penting dan sangat berpengaruh dalam pertumbuhan dan perkembangan pribadi seorang anak.

Bunda Maria kita kenal sebagai yang suci sejak dalam kandungan, dan selama dalam asuhan St. Yoakim dan St. Anna, Bunda Maria sungguh didampingi dan dididik sesuai dengan kehendak Allah; karenanya St. Yoakim maupun St. Anna sebagai orangtua juga dapat menjadi TELADAN KESUCIAN.

Di sinilah kita sebagai orangtua diingatkan dan diajak untuk menjadi TELADAN KESUCIAN bagi anak-anak yang dianugerahkan oleh Allah.
Suci berarti hati, jiwa, akal budi dan tubuh bersih, sehingga sungguh membaktikan diri seutuhnya kepada Allah dalam hidup sehari-hari.

Saudaraku, mari mohon rahmat Allah agar kita senantiasa dimampukan untuk melihat dan mendengar karya-karya-Nya.
Dari situ kita membagikan apa yang kita dengar dan lihat dalam tindakan dan perkataan kita yang mendatangkan berkat bagi banyak orang.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus bersama Bunda Maria yang senantiasa menyertai kita sekeluarga. Amin.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *