Kebenaran

 

– Kebenaran –

Pada hari ini, kita bersyukur bersama seluruh warga bangsa dan masyarakat Indonesia kita mengenang dan memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74.
Mengacu pada bacaan Injil hari ini, dikisahkan bagaimana cara Kristus menjawab suatu pertanyaan cerdik dan licik para kaum Farisi dan Herodian yang bersekongkol untuk menjerat Yesus, seputar aturan membayar pajak: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” (Mat 22:21).

Selanjutnya dimaknai bahwa “Kaisar” adalah gambaran hidup duniawi; sedang “Allah” jelas arah dan sumber hidup surgawi. Yang “Kaisar” bersifat insani; sedangkan “Allah” bersifat rohani.
Di sinilah sangat terasa jawaban Yesus yang tetap menempatkan Allah di atas segalanya, yakni “sumber kebenaran sejati” yang memerdekakan setiap orang, bukan membelenggunya.
Adapun tiga semangat yang harus kita tanam dan miliki dalam mengisi kemerdekaan agar kita masuk dan tinggal dalam kebenaran-Nya, antara lain: Keberanian, Kesucian dan Kemuliaan ( “Aequo animo estote, de puritate et gloria” )

1. Keberanian
KEBERANIAN terus berjuang mengisi kemerdekaan dengan sikap jujur.

Di sinilah kita diajak untuk berani, tidak takut kepada siapa pun dalam membela kebenaran, tidak menjilat dan tidak mencari muka.

2. Kesucian
Panggilan hidup kita adalah memancarkan KESUCIAN dan ketulusan hati.

Di sinilah kita diajak untuk hidup seimbang dan mampu menghayati berbagai peran secara bijaksana dan rendah hati baik dalam hubungan dengan Allah, masyarakat maupun keluarga.

3. Kemuliaan
KEMULIAAN akan nampak ketika kita terus memperjuangkan keadilan, kerukunan, kesejahteraan dan kesatuan dalam kehidupan bersama.

Di sinilah kita diajak untuk bertindak bukan dengan menggunakan kekerasan, tetapi dengan kelembutan hati; yang senada dengan semangat “Bhinneka Tunggal Ika”

Saudaraku, tidak perlu takut untuk hidup di dalam kebenaran, karena ‘berkat’ hanya ada pada orang yang hidup dalam kebenaran Allah.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga dalam mengisi kemerdekaan. Amin.

(Visited 44 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *