Allah Mahakuasa

 

~ Allah Mahakuasa ~

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, kita diberi gambaran bagaimana mengasihi Allah dalam diri Yesus Kristus dengan segenap hati dan totalitas kehidupan kita. Kristus memberikan syarat-syarat untuk menjadi murid yang terbaik: “Setiap orang yang mau mengikuti Aku, harus menyangkal diri, memikul salibnya dan mengikuti Aku”
Kita sudah seringkali mendengar dan mengetahui syarat-syarat ini, tetapi gaungnya belum sampai pada ‘kesadaran’, karena umumnya kehidupan orang di jaman sekarang lebih suka dan cenderung memiliki gaya hidup hedonisme yang mengutamakan kesenangan dan kenikmatan hidup sesaat sebagai tujuan hidupnya. Maka mari kita mulai menyadari makna dari syarat-syarat menjadi murid Kristus dan menerapkan perkataan-Nya ini dalam hidup sehari-hari:

1. Sangkal diri
Yesus mengajak kita memprioritaskan dan menomor-satukan kehendak Allah di dalam hidup sebagai tanda kasih kita kepadaNya.
Allah harus menjadi segalanya, karena terlepas dari pada-Nya kita tidak dapat berbuat apa-apa. Jadi yang utama adalah melakukan kehendak Allah dan bukan kehendak, kepentingan, kesenangan diri kita sendiri.

Di sinilah kita diajak untuk berani melepaskan keinginan pemenuhan, kepuasan diri sendiri, bahkan kita diajak untuk RELA MENGORBANKAN DIRI demi kepentingan orang lain.

2. Pikul salib
Yesus mengajak kita menyadari dan mempersiapkan diri untuk menghadapi dan menanggung segala akibat terburuk yang mungkin timbul karena ditimpakan oleh orang lain pada kita; ketika kita mempertahankan iman kepercayaan dan ketaatan kepada-Nya.

Di sinilah kita diingatkan untuk konsekuensi menjadi murid-Nya dan SIAP MENDERITA demi kemuliaan nama-Nya.

3. Ikuti Yesus
‘IKUT YESUS berarti menjadi murid dan menjadi pengikut-Nya, menjadi semakin serupa dengan-Nya atau ‘pergi bersama-Nya’; menuruti segala kehendak Yesus sebagai prioritas utama di dalam hidup dan melakukannya dengan sadar dan kerelaan hati.

Di sinilah kita diajar ‘semangat pemuridan’.

Saudaraku, marilah kita terus berupaya tumbuh dalam iman agar kita semakin mampu menyangkal diri dan memikul salib kehidupan kita sehari-hari.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai perjuangan kita sekeluarga. Amin

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply