Ya Tuhanku dan Allahku

 

– Ya Tuhanku dan Allahku –

Hari ini Gereja Katolik merayakan Pesta St. Tomas ~ Rasul ~ yang melalui pengakuannya dan dengan menjamah luka Kristus, ia mengajarkan kepada kita ‘siapa’ yang harus kita percayai. Matanya memandang kemanusiaan Kristus, tapi imannya mengakui ke-ilahi-an Kristus. Inilah yang menjadikan dia seorang rasul yang dengan iman yang teguh membawanya ke India dan mati sebagai martir disana.
Mengacu pada bacaan Injil hari ini yang mengisahkan keraguan Tomas dan Kristus yang menampakkan Diri untuk mengambil segala keraguan dalam diri Tomas.
Ketika menghadapi Kristus yang bangkit, maka Tomas hanya mampu mengatakan: “ya Tuhanku dan Allahku!” yang bagi kita memiliki makna, antara lain:

1. Kodrat Yesus
Ungkapan iman “ya Tuhanku dan Allahku” merupakan ungkapan KODRAT YESUS yang sungguh manusia, namun juga ungkapan yang mengakui ke-Allah-an Yesus.

Di sinilah kita diajak menyadari bahwa pengalaman akan Kristus yang bangkit sebenarnya juga dialami oleh seluruh umat beriman, yakni pengalaman setiap kali kita mengikuti perayaan Ekaristi, kita dihadapkan pada Kristus yang bangkit. Bahkan Kristus yang bangkit ini juga bersatu dengan kita semua, karena kita menyambut-Nya di dalam Ekaristi.

2. Ekspresi Iman
Ungkapan iman “ya Tuhanku dan Allahku” ini memang merupakan EKSPRESI IMAN, yang menjadi dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat. Kalau kita melakukan hal ini, maka kita dapat disebut yang ‘berbahagia’, seperti yang Kristus nyatakan: “Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya.”

Di sinilah kita diajak menyadari bahwa percaya akan Kristus yang bangkit, telah membuktikan akan ke-Allah-an Kristus. Pernyataan akan Kristus yang menderita sengsara, wafat dan bangkit inilah yang harus kita ucapkan pada setiap perayaan Ekaristi: “Ya Tuhanku dan Allahku“.

Saudaraku, Firman Allah hari ini meneguhkan iman kita yang seperti Tomas, sering dilanda kebimbangan; maka marilah kita senantiasa menaruh pengharapan di dalam Kristus.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga. Amin.

(Visited 209 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *