Sukacita Sejati

 

~ Sukacita Sejati ~

Inilah tanda sempurna dari kehadiran Roh Kudus dalam jiwa; dimana ada kasih sejati, disitu akan ada sukacita sejati.

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, menjelaskan tentang ‘sukacita sejati’ dan memaknainya.
Adapun karakteristik ‘sukacita sejati’ sebagai buah dari Roh Kudus ini, antara lain:

1. Penyertaan Allah
Sukacita sejati ada karena PENYERTAAN ALLAH atau karena hidup bersama-sama dengan Allah. Relasi kita yang baik dengan Allah, meski kita lemah dan berdosa, dilayakkan menjadi anak-anakNya dan diperkenankan memanggilNya Bapa; sebagai Bapa yang dekat yang adalah Allah yang hidup dan penuh kasih.

Di sinilah kita diajak untuk taat berdoa secara mendalam; berkomunikasi intim dengan Allah.

2. Perintah Allah
Sukacita sejati ada karena memelihara PERINTAH-PERINTAH ALLAH, yakni ketika Firman Allah kita pelihara.
Karena perintah Allah memberkati kehidupan kita, juga membawa kita kepada kehidupan yang tenang, aman dan tentram.
Perintah Allah itu membuat kita kuat dalam menghadapi segala sesuatu dan menghantar kita pada segala berkatNya dan tujuanNya.

Di sinilah kita diajak untuk tekun membaca Kitab Suci dan hidup dalam sabda-sabda-Nya; dimana segala pesan dan janji kasihNya disampaikan dan dinyatakan untuk kita yang mengasihiNya.

3. Penyelamatan Allah
Sukacita sejati ada karena PENYELAMATAN ALLAH, artinya Allah memampukan kita memikul penderitaan dengan tetap bersukacita. Kita bersukacita karena memiliki Kristus; Sang Kasih, Sang Penebus dan Sang Penyelamat yang telah mengalahkan dunia.

Di sinilah kita diajak untuk tetap menguatkan hati dan bersukacita dalam menghadapi tantangan dan pencobaan hidup. Kita tahu bahwa ujian terhadap iman menghasilkan ketekunan, dan ketekunan itu berbuah kedewasaan iman.

4. Pemberian Allah
Sukacita sejati ada karena PEMBERIAN ALLAH. Kita bisa memberikan apa yang mampu kita lakukan demi kebaikan dan kebahagiaan orang lain; hati kita sungguh bersukacita, karena jiwa kita merasa sangat berarti dan berguna bagi orang lain.

Di sinilah kita diajak untuk selalu berusaha menjadi pribadi yang ‘peduli’ dan rendah hati.

5. Pembekalan Allah
Sukacita sejati ada sebagai suatu karunia yang menjadi BEKAL dari ALLAH agar dapat menjalani hidup dalam kebenaranNya. Sukacita sejati ini menandakan kualitas kehidupan yang kita jalani, memiliki hal yang baik dan benar di hadapan Allah. Karenanya kita dimampukan menghadapi dan mengelola apapun dengan teguh dan penuh iman, melewati suka duka kehidupan dalam kebenaranNya untuk tujuan kemuliaan Allah.

Saudaraku, percayalah sukacita sejati akan senantiasa kita alami bila kita menjadikan Kristus sebagai ‘sumber sukacita sejati’ yang akan memampukan kita tetap bertahan melewati badai hidup; dan berbuahkan damai sejahtera.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga. Amin.

(Visited 728 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *