Kebajikan

 

– Kebajikan –

Inilah sikap dasar kita mencintai Allah di atas segala-galanya, dan mencintai sesama kita sebagaimana diri kita sendiri.

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Kristus mengajarkan kebajikan-kebajikan yang mengarahkan kita untuk memahami dan mampu melakukan sesuai dengan rencana dan kehendakNya dalam hidup kita.
Adapun tiga sikap dasar kebajikan yang diajarkan Kristus, antara lain:

1. Tobat
Kristus berkata: “Barangsiapa menyambut anak ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku; dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia, yang mengutus Aku. Karena yang terkecil di antara kamu sekalian, dialah yang terbesar.”
Dari perkataan Kristus ini kita diajarkan sikap dasar melakukan PERTOBATAN yang benar di hadapan Allah dan sesama, yakni menjadi seperti ‘anak kecil’ yang lemah, polos, jujur dan rendah hati.

Di sinilah kita pertama-tama diajak untuk BERTOBAT dan kembali ke jalan yang ditunjukkan oleh Kristus. Bertobat bukan hanya sekedar mengetahui dosa-dosa kita dan menyesalinya; tetapi bertobat berarti berbalik kepada Allah dan hidup serupa dengan-Nya.

2. Tabiat
TABIAT yang baik merupakan sifat-sifat yang dihasilkan oleh anugerah Allah yang mengubah kita menjadi seperti halnya anak kecil, yang polos dan cinta damai, serta bebas dari segala niat jahat.

Di sinilah kita diajak untuk menyadari bahwa kita tidak akan pernah bisa merubah sikap hidup orang lain diluar diri kita sendiri. Hanya anugerah Allah yang sanggup merubah dan mengubah sikap hidup seseorang yang tidak sejalan dan tidak sesuai dengan sikap hidup yang berkenan bagi Allah.

3. Taat
Allah bukan hanya ‘orangtua’, tapi ‘Bapa yang Maharahim’ dan kita adalah ‘anak-anak Allah’.

Di sinilah kita diajak untuk menjadi “anak-anak Allah” yang TAAT padaNya dan selalu berlindung penuh kepadaNya.

Saudaraku, marilah kita segera sadar untuk mau berubah menjadi orang yang bersikap rendah hati dan mau berserah diri kepada Allah, seperti seorang anak kecil yang sangat percaya kepada orangtuanya, serta bergantung sepenuhnya kepada orangtuanya.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga. Amin.

(Visited 83 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *