Waktu

 

~ Waktu ~

Waktu terus berjalan maju, begitu cepat berlalu dan lewat begitu saja.
Mengacu pada bacaan Injil di hari terakhir di tahun 2018 ini kita disadarkan bahwa “Firman telah menjadi Daging” ~ Kai ho logos sarx egeneto.
Firman itu adalah Allah, sumber cinta, kebaikan dan ketulusan. Ia hadir dan mengalir dalam ruang dan waktu. Ia dekat dengan pergulatan hidup dunia kita yang penuh dengan “gaudium et spes” – kegembiraan dan harapan, yang kita ungkapkan dengan tindakan, antara lain:

1. Bersyukur
BERSYUKURLAH ~ ‘Gaudete’, kepada Allah atas kehidupan ini dan berterimakasihlah kepada semua orang ~ ‘Per tutto stato di grazia’ yang ada bersama dalam kehidupan kita selama setahun ini dengan segala suka-duka dan tawa-tangisnya.

Di sinilah kita diajak untuk menjalani hidup ini dengan penuh harapan, walau hidup tak selalu bahagia dan ceria, tak selalu penuh suka dan tawa.

2. Berbagi
BERBAGILAH ~ ‘Donate’ rahmat pada orang di sekitar kita, terlebih pada orang-orang yang kecil, lemah, miskin-tersingkir/disingkirkan, agar hidup kita menjadi lebih berarti. ‘Donato ergo sum’ – Aku berbagi maka aku ada!

Di sinilah kita diajak untuk berbagi harapan dengan belajar memberi senyuman, walau hati kadang tak lagi mampu untuk bertahan. Berbagi harapan dengan belajar memaafkan, walau hati sangat terluka.

3. Berdoa
BERDOALAH ~ ‘Orate’ adalah usaha bersama Allah untuk membaharui segalanya menjadi baik, nemang itu berat, tapi akan menjadi ringan dan indah jika dikerjakan bersama Allah dalam doa.

Di sinilah kita diajak untuk menyadari bahwa tahun baru bukan hanya “deretan waktu” tapi juga “tantangan mutu”. Ia bukan cuma “time” tapi “moment” untuk rahmat dan limpahan berkat Allah.

Saudaraku, kehidupan yang penuh harapan mengajarkan bahwa hidup cuma sekedar “mampir ngombe”= “numpang minum”.
Seperti pengembara di perjalanan panjang, ia akan berhenti sejenak untuk minum, lalu melanjutkan kembali perjalanannya.
Selamat menyongsong malam Tahun Baru 2019.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga yang bersyukur atas kasih dan rahmatNya sepanjang tahun 2018. Amin.

Leave a Reply