Talenta

 

– Talenta –

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Kristus mengajarkan peran, tugas dan tanggungjawab kita sebagai hamba dalam mengembangkan Kerajaan Allah. Untuk menjelaskannya, Kristus menggunakan perumpamaan tentang ‘talenta’ (benih ilahi).
Adapun beberapa sikap yang dibutuhkan dalam memaknai perumpamaan ini agar kita dapat sungguh bertanggungjawab, dalam mengembangkan Kerajaan Allah, antara lain:

1. Menyadari
Kita sebagai umat pilihan Allah memiliki kodrat ilahi, yakni mampu berpikir dan berperasaan seperti Kristus yang mampu mengerti apa yang baik, sempurna dan yang berkenan kepada Allah.

Di sinilah kita sebagai umat Allah diajak untuk MENYADARI bahwa Allah telah mempercayakan, menganugerahkan talenta (benih ilahi) sesuai dengan pilihan dan rencana Allah.

2. Menghargai
Kita yang telah dipilih, dipercayai dan dianugerahi talenta bukan supaya kita menjadi orang yang jahat dan malas, tapi justru menjadi orang yang baik dan rajin, yang selalu memelihara dan menumbuh-kembangkan talenta dengan tekun, setia dan tanggung jawab.

Di sinilah kita sebagai umat Allah diajak untuk MENGHARGAI anugerah ini dengan menggunakan dan terus berusaha untuk menumbuh-kembangkan talenta dengan kebajikan-kebajikan demi keselamatan jiwa kita dan sesama.

3. Mensyukuri
Kita mempunyai waktu, kesempatan, kemampuan dan sumber daya untuk melayani_ Allah dengan menggunakan dan menumbuh-kembangkan talenta ketika masih hidup di dunia ini. Ketekunan, kesetiaan dan tanggung-jawab kita di dunia ini menentukan tempat kita di surga.

Di sinilah kita diajak untuk MENSYUKURI karena Allah memberikan kita ruang dan peluang. Maka marilah kita gunakan kesempatan ini lebih serius dalam mengelola talenta dengan sebijaksana mungkin.

Saudaraku, marilah kita terus menerus menggunakan dan menumbuh-kembangkan talenta yang dianugerahkan Allah demi semakin berkembangnya Kerajaan Allah.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga dalam upaya menumbuh-kembangkan talenta demi semakin berkembangnya Kerajaan Allah. Amin.

(Visited 7 times, 1 visits today)

Leave a Reply