Jagalah dirimu

 

~ Jagalah dirimu ~

Mengacu pada bacaan Injil hari ini, Kristus menasihati: “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat.” (Luk 21:34).

Kristus mengetahui kelemahan manusiawi setiap orang, yakni menyukai berbagai kenikmatan duniawi sehingga lupa menjaga dirinya.
Adapun beberapa yang perlu kita ingat agar kita tetap menjaga diri, mengontrol diri supaya jangan jatuh dalamm dosa kenikmatan, antara lain:

1. Bijaksana
Pada zaman dahulu hingga saat ini, fenomena hedonisme sudah ada dan berkembang dengan pesat. Di tempat pesta, banyak orang tidak mengontrol diri dalam hal makan dan minum sehingga bisa mabuk-mabukan, bisa membuat kekacauan atau menjadi tempat untuk memfitnah orang lain.

Di sinilah kita diajak untuk BIJAKSANA dalam mengontrol hawa nafsu. Sikap bijaksana ini akan membantu kita lebih siap menanti kedatangan Tuhan.

2. Berjaga-jaga
Tuhan mengetahui kelemahan manusiawi kita yakni sulit untuk menjadi orang yang senantiasa berjaga-jaga sambil berdoa.

Di sinilah Kristus mengingatkan dan mengajak kita untuk memahami makna BERJAGA-JAGA senantiasa sambil berdoa. Bila kita sungguh memahami makna doa sebagai kesempatan untuk mengarahkan hati dan pikiran hanya kepada Tuhan, maka dalam situasi apa saja, kita akan tetap berdoa dan bertahan di hadirat Tuhan.

Saudaraku, nasehat Yesus agar kita menjaga diri, mengontrol dari kenikmatan dunia dan tekun dalam doa, dimaksudkan akan membantu kita semua untuk masuk dalam KerajaanNya.

Salam Kasih dan Damai Sejahtera Kristus senantiasa menyertai kita sekeluarga yang terus berupaya menjaga dan mengontrol diri untuk menyambut kedatanganNya. Amin.

Leave a Reply